Pages

Senin, 26 November 2012

keimanan


Untuk membaca beberapa tulisan saya setidaknya harus melalui hati yang jernih dan mendalam tidak bisa hanya sekilas karena bila sekilas maka tidak akan menemukan maksud dari tulisan ini. Ibaratnya menyaksikan gambar 3D maka harus dijernihkan pikiran dan pandangan mata dan hati maka akan muncul gambar 3D yang sangat indah dan menakjubkan.





Sebelum kita bicara mengenai iman sebelumnya saya telah menulis beberapa tulisan yang mungkin sebagian pembaca tidak setuju bahkan mengecam beberapa tulisan saya. Saya tidak menyalahkan mereka kerana pengetahuan iman baru sebatas dalam wacana belum pada tahap implementasi dalam kehidupan nyata.untuk itu kita perlu menelaah terlebih dahalu apa yang dimaksud iman. Sehingga kita bisa membandingkan pada posisi mana iman dengan memsejajarkan tekhnologi menurut tingkatannya masing-masing.
Lalu APAKAH IMAN ITU?
Albaqarah
3. (yaitu) mereka yang beriman[13] kepada yang ghaib[14], yang mendirikan shalat[15], dan menafkahkan sebahagian rezki[16] yang Kami anugerahkan kepada mereka.
[13]. Iman ialah kepercayaan yang teguh yang disertai dengan ketundukan dan penyerahan jiwa. Tanda-tanda adanya iman ialah mengerjakan apa yang dikehendaki oleh iman itu.
[14]. Yang ghaib ialah yang tak dapat ditangkap oleh pancaindera. Percaya kepada yang ghaib yaitu, mengi’tikadkan adanya sesuatu yang maujud yang tidak dapat ditangkap oleh pancaindera, karena ada dalil yang menunjukkan kepada adanya, seperti: adanya Allah, Malaikat-Malaikat, Hari akhirat dan sebagainya.
[15]. Shalat menurut bahasa ‘Arab: doa. Menurut istilah syara’ ialah ibadat yang sudah dikenal, yang dimulai dengan takbir dan disudahi dengan salam, yang dikerjakan untuk membuktikan pengabdian dan kerendahan diri kepada Allah. Mendirikan shalat ialah menunaikannya dengan teratur, dengan melangkapi syarat-syarat, rukun-rukun dan adab-adabnya, baik yang lahir ataupun yang batin, seperti khusu’, memperhatikan apa yang dibaca dan sebagainya.
[16]. Rezki: segala yang dapat diambil manfaatnya. Menafkahkan sebagian rezki, ialah memberikan sebagian dari harta yang telah direzkikan oleh Tuhan kepada orang-orang yang disyari’atkan oleh agama memberinya, seperti orang-orang fakir, orang-orang miskin, kaum kerabat, anak-anak yatim dan lain-lain.
Sangat berbeda jauh antara iman dan islam karena bila orang yang islam belum tentu beriman tetapi bila orang beriman maka sudah pasti islam.
Ada beberapa perintah Allah yang dikhususkan untuk orang beriman tetapi diklaim oleh orang islam seperti contoh perintah puasa. Allah tidak memerintahkan puasa bagi umat islam tetapi bagi yang beriman.
PERINTAH PUASA
Albaqarah 183.
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
IMAN TIDAK MEMBEDAKAN AGAMA ATAU GOLONGAN BAHKAN BAGI PENYEMBAH DEWA DAN BINTANG.
Albaqoroh 62.
Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin[56], siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah[57], hari kemudian dan beramal saleh[58], mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati
.
[56]. Shabiin ialah orang-orang yang mengikuti syari’at Nabi-nabi zaman dahulu atau orang-orang yang menyembah bintang atau dewa-dewa.
[57]. Orang-orang mukmin begitu pula orang Yahudi, Nasrani dan Shabiin yang beriman kepada Allah termasuk iman kepada Muhammad s.a.w., percaya kepada hari akhirat dan mengerjakan amalan yang saleh, mereka mendapat pahala dari Allah.
[58]. Ialah perbuatan yang baik yang diperintahkan oleh agama Islam, baik yang berhubungan dengan agama atau tidak.
SERUAN UNTUK BERJIHAD AL ANFAAL 24
24. Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu[605], ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya[606] dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.
[605]. Maksudnya: menyeru kamu berperang untuk meninggikan kalimat Allah yang dapat membinasakan musuh serta menghidupkan Islam dan muslimin. Juga berarti menyeru kamu kepada iman, petunjuk jihad dan segala yang ada hubungannya dengan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
[606]. Maksudnya: Allah-lah yang menguasai hati manusia.
IMAN ADA SEBELUM ISLAM
Al hadid 8
Dan mengapa kamu tidak beriman kepada Allah padahal Rasul menyeru kamu supaya kamu beriman kepada Tuhanmu. Dan sesungguhnya Dia telah mengambil perjanjianmu jika kamu adalah orang-orang yang beriman[1457].
457]. Yang dimaksud dengan perjanjianmu ialah perjanjian ruh Bani Adam sebelum dilahirkan ke dunia bahwa dia mengakui (naik saksi), bahwa Tuhan-nya ialah Allah, seperti tersebut dalam ayat 172 surat Al A´raaf.
Tingkat keimanan menurut pengamatan saya di bagi menjadi empat jenjang tingkatan yaitu syareat,thareqat,hakekat,makrifat. Dan untuk memudahkan dalam pemahaman maka saya menerapkan dalam praktek kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan perkembangan tekhnologi sehingga kita bisa mengukur sejauh mana iman kita.
Demikian juga bila kita bandingkan dalam tekhnologi komputer yang sudah maju dimulai dari tingkatan pentium 1 pentium 2 pemtium 3 dan pentium 4, dan jika dibandingkan dengan pendidikan umum yaitu dari SD,SMP.SMA,PERGURUAN TINGGI.

1.SYAREAT
Pada tataran ini saya mensejajarkan pada tingakatan pentium satu dan pendidikan Sekolah Dasar. Pada umumnya keimanan orang syareat baru sebatas menjalankan ritual keagaman dengan harapan atau pamrih. Suatu misal anak SD mau belajar bila diiming- iming dengan permen atau bila naik kelas dibelikan sepeda atau ponsel. Demikian juga dalam menjalankan ritual agama seperti sholat, puasa, zakat, punya pamrih masuk surga atau takut kepada neraka. Pola pikir anak SD baru sebatas pengetahuan dasar yang biasanya sok pinter, mau menang sendiri suka iri punya anak yang lain meminta harus segera bila tidak di beri maka nangis artinya berputus asa..
Demikian juga pada tingkatan syareat biasanya baru menguatkan logika dalam bertindak. Menguatkan akal pikiran. Berbicara selalu Tanya mana dalilnya dan maunya memperturutkan nafsu dengan mencari benarnya sendiri. Tahunya hanya benar dan salah saja. Tidak mau mencari kesalahan diri sendiri selalu mecari kambing hitam. Hampir tidak peduli pada orang lain
Kurang suka pendapat orang lain karena merasa sudah pinter merasa senang dan bangga dengan akalnya sendiri. .Hanya baru mengerti benar dan salah hitam dan putih saja seperti TV baru 2 warna yaitu hitam putih.
Dalam hal tekhnologi maka kita bisa merasakan bila menggunakan Pentium satu. Untuk loading saja lama sekali paling hanya untuk menulis dan menghitung tetapi sering error ibarat ponsel hanya baru bisa untuk omong dan sms. Tetapi karena masih baru ada maka harganya mahal sekali dan orang manganggap pentium1 atau ponsel GSM adalah era baru dalam IT. Dan mengatakan canggih hebat dan sebagainya.

2 THAREQOT
Pada tingkatan ini saya mensejajarkan pada Pentium 2 dan tingkatan pendidikan SMP bila sejajarkan dengan ponsel sudah bisa MMS. Tareqot adalah jalan untuk menuju hakekat. Untuk itu diperlukan kalam seperti dzikir atau istighotsah. Seperti kita tahu ada majlis dzikir ada dimana mana dan itu menurut saya baru jalan. Sehingga belum sampai tujuan.
Biasanya setelah membangun jalan dan memperbaiki jalan itu dan bila jalan itu sudah bagus maka sudah senang dan puas. Suatu misal dengan membaguskan lafadz dalam berdzikir dengan jumlah yang masih ditentukan misalnya dari ayat tertentu dengan hitungan yang ditentukan pula. Kemudian memakai seragam identitas majelis dzikir atau peci putih baju putih sarung putih. Dan untuk mengikuti dzikir tareqot tidak bisa setiap orang karena harus menjadi anggota melalui baiat terlebih dahulu.
Dalam tataran ini kaum thareqat sudah bisa melihat dunia dengan penuh warna berbagai kehidupan pikiranya sudah agak tidak picik dan agak mau menerima perbedaan ibarat pesawat tv sudah berwarna walaupun masih banyak butiran kasar dan membayang. Membayang berarti masih membayangkan orang lain yang belum seperti dirinya.

3 HAKEKAT
Saya membandingkan dengan jenjang pendikan SLTA. Untuk mengetahui hakekat maka harus mengenal diri sendiri baru bisa mengenal Allah. Pada tingkatan ini Sudah bisa mengenal Allah dengan sebenarnya (hakiki) dan bisa menikmati hubunganya dengan Allah. Tiada hari tanpa melewati kerinduan kepada Allah. Tetapi biasanya masih mementingkan kenikmatanya sendiri dalam hubungan dengan Allah. Suatu missal orang sufi atau pelaku tasawuf. Biasanya sangat menikmati dalam berhubungan dengan Allah dan telah kuat bila dicemooh oleh masyarakat. Meninggalkan keduniaan dengan sebenarnya atau diwujudkan sehingga yang ditampilkan adalah kemiskinan. Mementingkan hakekat ibadah dan kenikmatan ibadah.
Belum peduli dengan kepentingan ummat yang berkaitan dengan menolong sesama untuk bisa ikut menikmati keindahan kedekatan kepada Allah. Yang penting dirinya sudah bisa merasa dekat sekali dengan Allah.
Maka untuk hakekat saya hubungkan dengan Pentium 3 atau pada jajaran ponsel sudah bisa on line melalui GPRS bila dengan pesawat Tv sudah LCD walaupun tipis tetapi sudah jernih gambarnya dan pikiranya serta hatinya. Tidak membebani dan merepotkan serba praktis bila dibawa karena tak seberat tv manual. Artinya tidak terpengaruh atau merepotkan orang lain dengan menyenggol pikiran negative kepada orang lain atau suudhon.

4 MAKRIFAT
Pada tekhnologi saya membandingkan dengan Pentium empat dan jenjang pendidikan perguruan tinggi. Pada tingkatan ini biasanya orangnya telah menyatu dengan kekuasaan Allah hatinya sudah kosong bersih dari kekuatan selain Allah. Sehingga Allah telah memanfaatkan orang ini untuk menjadi jalan untuk dilewati ilmu Allah sehingga segala tindakan ucapan dan rasa dalam hati adalah karena Allah.
Pada jajaran tekhnologi ponsel maka saya sejajarkan dengan ponsel 3G atau 4G dan bila pesawat TV maka sudah 3D. Untuk melihat pesawat tv 3D bidak bisa sembarang orang karena bila tidak tahu caranya maka akan mengatakan pesawat TV apaan kok gambarnya jelek tak sebagus TV hitam putih atau Tv warna atau LCD. Untuk melihat tv 3D diperlukan bantuan kacamata 3D yang disertakan oleh penjualnya sehingga baru merasakan indahnya gambar 3D dari pesawat tersebut.
Kita seakan menyelami merasakan sehingga bila nonton piala dunia seakan bolanya mengenai wajah kita lalu kita secara reflek menghindar atau malah siap menendang sehingga kaki kita menendang meja.
Orang pada umumnya mengatakan ahli makrifat ngerti sak durungi winarah artinya bisa mengetahui sebelum terjadi. Karena dengan izin Allah bisa mengetahui rencana dan pikiran orang lain.
Bisa mengetahui hal ghaib baik yang telah lalu ataupun yang akan terjadi. Mengerti hati orang lain termasuk melihat dunia dan alam semesta dan mengerti tentang kejadian Alam yang akan terjadi.
Bisa memberikan solusi kehidupan kepada orang lain dan selalu dikaitkan untuk berhubungan dengan Allah atau untuk mendekat kepada Allah bukan ditawarkan kepada kenikmatan dunia..(umumnya bila orang sedang dirundung masalah maka diajak kediskotik atau ke narkoba).
Tidak melihat orang tetapi melihat manusianya. Sangat berbeda antara orang dan manusia. Orang adalah wujud atau jasad dan manusia adalah bersumber dari hati. Orang bisa mati atau gila sedangkan manusia tidak akan mati atau gila tidak ada orang mengatakan eh.. ada manusia mati atau manusia gila.
Orang sejajar dengan benda baik mati atau hidup seperti pada umumnya ada kata “orang ayam dagingnya lebih enak kok masa nggak mau makan daging ayam.” Atau “orang mobil baru kok buat ngangkut sampah”. Sehingga daging ayam dan mobil juga orang.
Yang dimintai pertanggung jawabkan dihadapan Allah adalah manusianya bukan orangnya. Sehingga orang yang kosong tidak ada sedikitpun iman dihatinya maka sama persis dengan benda mati atau orang - orangan.
Orang yang sudah pada tingakatan makrifat biasanya menduduki maqam tajrid artinya tidak harus sama seperti pada orang umumnya. Pekerjaanya dan ibadahnya kelihatannya berbeda dengan manusia umum sholatnya bernama sholat daim. Sehingga orang umum mengatakan aneh. Karena Allah akan membedakan diantara sesama manusia dari ketaqwaanya.
Al hujuraat 13
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
Biasanya orang makrifat dalam segala tindakan selalu berujung pada kata Allah dengan sangat yakin. Bukan hanya dalam bibir saja. Segala tindakan dan pikiran bukan berdasar nafsu baik ragawi maupun nafsu yang menggelayuti jiwanya.
Selalu berhati – hati dalam ucapan dan tidak pernah sedikitpun membicarakan aib orang lain atau mencela sesama manusia apalagi menbenci iblis.
Tetapi bila marah pada santrinya sebenarnya hatinya tertawa karena hanya menguji santrinya apakah melihat guru atau hanya melihat Allah sehingga tak perduli walaupun dimarahi guru selalu mengatakan dalam hatinya Allah mengerti niat saya untuk belajar mengabdi kepada Allah balajar taubat.
Menempatkan hubungan manusia dan jin atau iblis adalah sebagai sesama makhluk Allah. Iblis dan binatang seisi dunia selain manusia tidak bisa kembali kepada Allah karena tidak tahu jalanya apalagi iblis yang sudah dikutuk oleh Allah karena tabiatnya yang buruk
Maka untuk bisa kembali kepada Allah harus melewasi bantuan manusia yang beriman. Dengan cara mendoakan semoga bisa taat dan sujud tunduk kepada Allah serta selalu melaporkan dan menyerahkan baik iblis dan sesama manusia yang belum tahu jalanya kepada Allah. Misalnya dengan mendoakan orang yang senangnya menfitnah, menhujat, menggunjing kepada kita maka orang itu kita doakan supaya bisa tobat dan kembali kejalan yang benar. Karena orang tersebut jelas belum tahu jalan kepada Allah karena sering menfitnah menghujat dsb.
Selalu menghornmati orang lain walaupun anak kecil atau orang gila sekalipun. Karena baginya segala sesuatu yang datang pada dirinya adalah atas seijin Allah. Dan selalu tafakur walaupun yang bicara adalah pengemis atau mungkin binatang.
Suatu missal anjing adalah najis mugholadzoh artinya najis yang berat tetapi anjing selalu menghindari kencingnya yang najis dengan mengangkat kakinya itu berarti walaupun kita itu adalah orang yang berlumur dosa tetapi seharusnya belajar untuk menyingkirkan dosa itu dengan cara bertaubat. Maling yen amal ojo dieling-eling artinya bila beramal jangan diingat ingat dsb. Sehingga selalu menghormati segala ciptaan Allah. Sebagai bentuk memuliakan Allah.
Tidak meyakini obat – obatan baik kimia ataupun herbal karena yang memberi nikmat sakit adalah Allah maka Allah yang bisa menyembuhkan. Bukan suatu jaminan pulang dari RS sembuh karena ada yang pulang dengan mobil jenazah.
Dunia seisinya telah ada dalam genggaman hatinya atas seijin Allah sehingga tidak punya rasa heran atau takjub dalam menghadapi segala sesuatu yang terjadi di alam semesta. Tidak pernah merasa sakit dihatinya walaupun dihujat difitnah dicaci dizalimi karena baginya itu adalah datang dari Allah dan untuk ditafakuri.
Hatinya selalu khusnudhon baik kepada sesama manusia kepada jin dan iblis apalagi kepada Allah. Tidak resah dan gelisah bila kekurangan ekonomi dan tidak bangga apabila dicukupkan.
Dalam tataran ini saya menggolongkan dalam pentiun 4. Artinya kapasitas hardisknya telah besar sehingga tidak pernah sempit walaupun untuk menyimpan segala masyalah baik berupa hujatan fitnahan cemoohan dan segala sesuatu yang menyakitkan hati.
Hatinya selalu berhubungan dengan Allah sehingga Allah telah memberikan ilmunya atau telah on line sehingga bisa mengetahui dan mengenal kepenjuru dunia. Dengan fasilitas Google earth yang terhubung dengan satelit diangkasa maka walaupun duduk dirumah saja bisa mengetahui los angeles atau keadaan di New york. Dengan webcam bisa mengetahui semua kegiatan orang lain sampai kegiatan pribadi artinya bisa mengetahui hati orang lain baik yang dipikiran atau dihati.
Tetapi sangat berbeda dengan dunia paranormal karena bila paranormal mungkin bisa mengetahui juga tetapi setelah dibisiki jin. Pola kehidupanya sangat berbeda jauh bila ilmunya paranormal biasanya ada mas kawin atau mahar untuk biaya uborampe(peralatan semedi untuk ritual tertentu) tetapi bila makrifat tidak perlu memakai perantara jin atau iblis karena langsung saat itu juga datang pertolongan Allah.
Dan ilmunya selalu gratis atau tidak diperjual belikan. Karena itu adalah bentuk amanah Allah dan tidak merasa memiliki ilmu karena itu hanyalah perantara saja dari Allah.
Hatinya selalu kembali kepada Allah. Tidak pernah sedikitpun tergiur dalam urusan duniawi. Walaupun yang dinikmati adalah seperti manusia pada umumnya. Seperti makan minum menikah,punya mobil memiliki gedung yang besar dan sebagainya tetapi tidak pernah merasa memiliki dan itu bisa digunakan untuk melayani umat yang ingin belajar kembali mendekat kepada Allah atau BERTAUBAT.
Bila telah sampai pada Pentium 4 maka tidak ada Pentium 5 atau 6 tetapi dengan menggunakan nama baru diawali dengan dual core Core 2 duo dan seterusnya. Artinya tinggal melanjutkan syukur saja karena generasi tekhnologi computer selanjutnya tidak meninggalkan kata-kata core atau kur yang berarti syukur. Dengan demikian orang makrifat tidak meninggalkan rasa syukur kepada Allah sehingga kenikmatannya semakin bertambah saja.
WAL-LAHU A’LAM BISH-SHAWAB

1 komentar:

  1. MGM Resorts agrees to sell Hard Rock Hotel & Casino to - DrmCD
    MGM Resorts International has 경기도 출장샵 agreed to sell Hard Rock 화성 출장안마 Hotel 구미 출장샵 & Casino to 광주광역 출장안마 an online gaming 정읍 출장안마 business that is part of the Seminole Tribe's Hard Rock

    BalasHapus